Website ini memuat informasi masa depan

November, Tunjangan Guru akan Dibayar Penuh

JAKARTA, suaramerdeka.com – Hingga saat ini baru sekitar 60 persen tunjangan profesi guru yang sudah terbayarkan. Tunjangan tersebut hanya diberikan kepada tenaga pendidik yang telah memenuhi syarat.

 “Menurut PP 74 Tahun 2008, tentang Guru, syaratnya harus mengajar sesuai dengan sertifikasi dan memenuhi waktu mengajar 24 jam,” ujar Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Sumarna Surapranata, di Jakarta.

Dikatakan, verifikasi tersebut dilakukan dengan dua mekanisme, untuk PTK Dikdas validasinya menggunakan data pokok pendidikan (Dapodik), sedangkan untuk Dikmen dan PAUD masih menggunakan sistem offline atau manual.

“Bagi guru yang sudah memenuhi syarat akan keluar SK. Uang untuk guru non PNS langsung dari pusat, tapi untuk guru PNSD melalui transfer daerah, dan semuanya langsung ke rekening guru,” terangnya.

Menurutnya, Dapodik dijadikan sistem untuk menyaring data guru. Pasalnya, sambung dia, pihaknya kerap kecolongan akan adanya manipulasi data, jika dilakukan secara manual. Pihaknya berharap, tunjangan tersebut diberikan kepada guru yang telah menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan aturan yang ada.

“Misalnya ada satu sekolah dengan rombongan belajar delapan kelas, tapi di sekolah itu memiliki delapan wakil kepada sekolah. Ini tipu-tipu, hanya supaya mendapatkan pengakuan 24 jam,” ungkap Pranata.

Dirinya menegaskan, meskipun ada guru yang telah mengajar 24 jam, namun tidak sesuai dengan sertifikasi, maka tidak berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi. “Misalnya ada guru bersertifikat PKn tapi mengajar kesenian, maka tidak bisa mendapatkan SK,” jelasnya.

Meski demikian, dirinya berharap kepada guru yang belum memenuhi kriteria untuk segera memperbaiki data. Para guru masih memiliki kesempatan melakukan perbaikan data sampai bulan November 2013.

“Bagi yang belum memenuhi kriteria tidak usah khawatir, karena SK akan turun ketika sudah alih data, ada waktu sampai November. Setelah November, tunjangannya akan dibayar penuh sejak Januari,” tutur Pranata.

Dirinya memastikan, guru akan tetap mendapatkan semua yang menjadi haknya. “Tidak akan hangus, haknya tetap dapat, dapat dirapel pada Desember. Silakan perbaiki data, karena aturannya harus sesuai,” pesannya.

( Satrio Wicaksono / CN34 / JBSM )

Sumber  : suaramerdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: